Uncategorized

8 Jenis Makanan Sehat Baik untuk Jantung

Bagi penderita penyakit jantung, ataupun yang ingin mencegahnya, memperbaiki pola hidup perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Berbicara mengenai makanan sehat untuk penderita jantung, Anda dapat memilih makanan yang mengandung fitonutrien pada buah-buahan dan tumbuhan. Senyawa ini membantu jantung bekerja lebih optimal.

Bagi pasien penyakit jantung, memperhatikan pola makan dan kandungan dalam makanan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, Anda dapat mengurangi potensi munculnya serangan https://danielsfamilydentistryoftx.com/ jantung dan komplikasi. Selain itu, dengan mengikuti panduan diet jantung melalui makanan sehat, proses pengobatan menjadi lebih efektif. Upaya ini juga bisa mencegah terjadinya gejala yang sering kambuh. Nah, berikut daftar beberapa menu makanan sehat untuk penderita jantung.

Oatmeal

Gangguan pada jantung bisa diminimalisir dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Sebagai pilihannya, Anda idn live togel dapat memilih oatmeal sebagai pengganti camilan. Oatmeal mengandung serat, senyawa antiradang dan antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah pembentukan dan penumpukan plak, sehingga membantu menjaga kondisi pembuluh arteri tetap sehat.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan makanan sehat bagi penderita jantung karena memiliki kandungan vitamin C, folat, kalium, kalsium, vitamin E dan serat yang mampu membantu jantung berfungsi dengan normal. Ada pun jenis sayur yang mengandung berbagai nutrisi di atas di antaranya adalah brokoli, kangkung, bayam, pak choy, asparagus dan sawi hijau.

Tomat

Tomat mengandung senyawa penting seperti karotenoid, kalsium, vitamin A dan asam gamma-aminobutyric yang menjadikannya makanan sehat untuk jantung. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jus tomat tawar dalam 8 minggu mampu menurunkan kadar trigliserida, yaitu jenis lemak yang dapat menyebabkan penyakit aterosklerosis (penyempitan pembuluh arteri akibat penumpukan plak).

Alpukat

Buah selanjutnya yang masuk dalam kelompok makanan sehat untuk jantung adalah alpukat.Buah ini mengandung senyawa lipofilik, yaitu senyawa yang dapat larut dalam lemak seperti polifenol, pitosterol, karotenoid, squalene, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kelompok senyawa tersebut dapat diandalkan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak yang menyebabkan penyakit jantung.

Buah Beri dan Apel

Masih dari kelompok buah-buahan, ternyata tidak hanya lezat, namun apel dan buah beri juga menyehatkan bagi jantung. Apel mengandung serat dan antioksidan tinggi. Selain itu, apel juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sama halnya dengan apel, buah beri menjadi makanan sehat untuk jantung karena kaya akan antioksidan, di mana kandungan ini mampu meningkatkan proses metabolisme lemak di tubuh, serta menangkal radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel atau reaksi peradangan.

Tahu

Kandungan di dalam kacang kedelai yang menjadi bahan dasar tahu mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan pada jantung. Selain itu, pada tahu juga terdapat senyawa saponin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Yogurt

Sebuah studi menyatakan bahwa yogurt dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa dengan riwayat hipertensi. Hal ini mengacu pada penyebab sakit jantung yang seringkali diakibatkan adanya hipertensi.Yogurt menjadi makanan sehat untuk jantung karena mengandung kalium, kalsium dan magnesium, di mana tingginya kadar kalium pada yogurt dapat menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung sekaligus pembuluh darah. Saat mengonsumsi yogurt, usahakan Anda memilih yogurt rendah lemak atau bisa juga memadukannya dengan sayuran hijau dan buah agar manfaatnya bagi tubuh lebih optimal.

Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna adalah salah satu makanan yang kaya akan omega 3 dan asam lemak. Itulah mengapa, jenis makanan ini baik untuk jantung karena mampu mengurangi peradangan, termasuk pada pembuluh darah di sekitar jantung.Selain itu, omega 3 pada tuna dan salmon bermanfaat mengurangi tekanan darah, trigliserida, pembekuan darah hingga menormalkan detak jantung yang kurang teratur.Anda dapat mengonsumsinya sebanyak 150 gram dalam seminggu guna mengurangi risiko henti jantung mendadak. Namun, usahakan memilih ikan dari tambak (bukan laut) untuk menghindari kandungan merkuri di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *