Uncategorized

Cara Cek Karet Wiper Mobil Apakah Masih Bagus atau Tidak

Cara cek karet wiper mobil sebenarnya cukup mudah. Dengan cara cek ini Anda bisa memastikan kondisi karet wiper mobil masih bagus atau tidak. Sehingga kedepannya Anda bisa mengambil keputusan atau tindakan yang tepat mengenai komponen mobil tersebut.

Wiper sendiri merupakan komponen mobil yang memiliki peran sangat penting bagi kendaraan. Biasanya wiper terdapat di depan kaca bagian depan maupun belakang mobil. Komponen ini akan berperan ketika Anda mengendarai mobil saat hujan atau berkabut.

Fungsi utamanya yaitu untuk menyeka air hujan pengeluaran sgp dan embun yang mengenai kaca mobil. Sehingga air hujan dan embun tersebut akan menjadi lebih cepat menghilang dan tidak menutup kaca. Dengan begitu maka penglihatan pengendara selama berkendara tidak akan terganggu. 

Cara Cek Karet Wiper Mobil yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Dengan wiper, maka kita bisa mengendarai mobil bahkan ketika hujan deras sekalipun. Sebab air hujan yang jatuh ke kaca bisa langsung tersapu dengan wiper. Sehingga pastinya air hujan tersebut tidak akan menutup pandangan jalan di depan.

Karena itu ketika hujan mulai turun, maka Anda harus segera menyalakan wiper. Jika tidak maka pastinya air hujan yang deras akan menutupi bagian kaca depan mobil. Akibatnya pengendara menjadi lebih sulit melihat ke depan sehingga memperbesar risiko kecelakaan.

Wiper mobil juga terdiri atas beberapa bagian atau komponen yang memiliki penting. Salah satu komponen tersebut yaitu karet wiper yang harus selalu berada dalam keadaan baik. Namun, terkadang karet wiper juga bisa mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara mengecek kondisi karet tersebut?

Berikut ini adalah cara cek karet wiper mobil apakah masih bagus atau tidak. Cara ini sangat mudah dan bisa Anda terapkan kapan saja tanpa bantuan orang lain. Nah, berikut ini adalah beberapa caranya yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

Perhatikan Gerakan Wiper

Pertama Anda bisa memperhatikan gerakan wiper ketika bekerja menyapu air di kaca. Jika sapuannya tidak sebersih biasanya, maka tandanya karet sudah tidak bagus lagi. Apalagi jika gerakan wiper saat menyapu air tidak lancar atau terlihat seperti tersendat-sendat.

Hal tersebut tentunya bisa memberikan dampak yang buruk bagi mobil dan pengendara. Sebab jika sapuan air hujannya tidak bersih tentu saja kaca mobil juga tidak bersih maksimal. Sehingga sisa air yang ada malah bisa menghalangi pandangan pengendara ke depan.

Cara Cek Karet Wiper Mobil dengan Memeriksa Apakah Timbul Garis Air atau Tidak

Ketika wiper bekerja, Anda juga bisa memperhatikan apakah muncul garis air atau tidak. Munculnya garis air menandakan bahwa karet wiper sudah menjadi getas dan tidak layak. Namun jika tidak muncul garis air maka kemungkinan kondisi karet wiper masih bagus.

Cek Karet Langsung

Berikutnya Anda bisa mengecek bagaimana kondisi karet wiper mobil secara langsung. Anda bisa melihat karet wiper dari dekat bahkan menyentuhnya untuk memastikan kondisinya. Pastikan karet wiper tersebut masih bagus, lentur dan tidak keras atau getas.

Jika ternyata karet sudah keras, maka tandanya karet tersebut sudah rusak dan tidak layak. Jika Anda biarkan, maka wiper akan menimbulkan masalah seperti menggores kaca mobil. Hal tersebut tentunya sangat merugikan apalagi jika goresan pada kaca sulit bahkan tidak bisa hilang.

Dengarkan Apakah Muncul Bunyi Berisik atau Tidak

Cara cek karet wiper mobil selanjutnya yaitu dengan mendengarkan apakah muncul suara berisik atau tidak. Cobalah menyalakan wiper dan pastikan ada atau tidaknya suara berisik yang cukup mengganggu. Jika tidak muncul suara bersisik maka artinya karet wiper masih dalam kondisi bagus.

Sebaliknya, jika muncul suara berisik maka artinya kondisi karet wiper sudah kurang bagus. Misalnya karet sudah getas atau keras sehingga bisa menimbulkan bunyi saat bergesekan dengan kaca. Selain menimbulkan bunyi, tentunya karet getas bisa membuat kaca mobil tergores.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *