Uncategorized

Jembatan Soekarno, Tujuan Favorit Digemari Warga Kota Manado

Indonesia termasuk salah satu slot thailand negara yang lumayan unik, dikarenakan setiap daerahnya mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Di Manado misalnya, disini pengunjung bisa mendapatkan Jembatan Soekarno yang banyak dikunjungi wisatawan. Bukan sembarang jembatan, dikarenakan disini pengunjung bisa jalankan sejumlah kesibukan seru. Berikut ulasannya.

Mengenal Sejarah Singkat Jembatan Soekarno

Pada bulan Mei joker123 tahun 2015 lalu, kota Manado resmi mempunyai sebuah ikon baru yang diberi nama Jembatan Soekarno atau biasa disebut Soekarno Bridge. Jembatan yang diresmikan segera oleh presiden ke 7 Indonesia ini sedikit tidak sama dengan jembatan penyeberangan pada umumnya, dikarenakan dalam pembangunannya sendiri menorehkan cerita histori panjang.

Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata seperti sekarang, ternyata dulunya sistem pembangunannya sendiri dulu terbengkalai sepanjang tidak cukup lebih 12 tahun lamanya. Salah satu segi penghambat pengerjaan jembatan gagah tersebut, yakni pembangunannya perlu penanganan spesifik mengingat kontur tanahnya yang unik dibandingkan lokasi lainnya.

Meski sempat terbengkalai hingga belasan tahun lamanya, pihak kontraktor bernama PT. Hutama Karya yang secara spesifik menanganinya tidak idamkan menyerah begitu saja. Tidak kehabisan akal, mereka sesudah itu jalankan penguatan dengan menambahkan sejumlah pondasi dan juga tambahan kabel penyangga. Hal ini dilakukan agar jembatan selalu gagah hingga puluhan tahun lamanya.

Tingkat ada masalah yang lumayan tinggi dan perlu pertimbangan matang, pasti saja Pemerintah harus mengeluarkan dana lebih untuk bisa membangunnya. Tidak tanggung tanggung, bahkan Pemerintah memperkirakan kuantitas anggaran yang harus dikeluarkan raih 300 miliar rupiah. Aliran dananya sendiri sudah dilakukan sejak awal proyek dilakukan pada tahun 2003 lalu.

Dengan kata lain, pembangunan jembatan ini bahkan sudah dilakukan selagi ibu Megawati Soekarnoputri yang selagi itu masih menjabat sebagai presiden Indonesia. Menyadari tingginya anggaran yang harus dikeluarkan, Pemerintah menghimpit kontrak tahunan dan kontak tahun jamak dengan memanfaatkan dana yang terkumpul dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

Sebenarnya sistem pembangunan jembatan dengan keseluruhan panjang raih 1.127 mtr. ini, berawal dari sebuah inspirasi hasil prakarsa yang dilakukan oleh Gubernur E.E Mangindaan beserta dengan Ir. Lucky H. Korah selaku Walikota Manado selagi itu. Ternyata inspirasi berikut merupakan bagian dari pelengkap grand design pariwisata bagi kota Manado.

Sebelum dikenal sebagai Jembatan Soekarno, pada mulanya jembatan panjang satu ini hendak diberi nama Nyiur Melambai. Perubahan nama berikut digunakan sebagai salah satu langkah jitu menarik perhatian Pemerintah Pusat Indonesia, yang pada selagi itu sebetulnya dijabat oleh ibu Presiden Megawati.

Pemberian namanya sendiri bukan semata mencari perhatian, tapi dianggap cocok disandingkan dengan jembatan Megawati yang sudah dibangun di pusat Kota Manado. Strategi unik ini dilakukan agar sistem pembangunan infrastrukturnya dapat segera dilakukan dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *