Uncategorized

Proses Pembentukan dan Manfaat Tembaga

Tembaga terdapat di kerak bumi dalam proporsi sekitar 50 bagian per juta (ppm). Di alam, tembaga terdapat dalam berbagai mineral, termasuk tembaga asli, tembaga sulfida seperti kalkopirit, bornit, digenit, covellite, dan kalkosit, tembaga sulfosal seperti tetrahedit-tennantit, dan enargit, tembaga karbonat seperti azurit dan perunggu, dan sebagai tembaga (I) atau tembaga (II) oksida seperti cuprite dan tenorite, masing-masing.

Massa terbesar dari unsur tembaga yang ditemukan memiliki berat 420 ton dan ditemukan pada tahun 1857 di Semenanjung Keweenaw di Michigan, AS. Tembaga asli adalah sebuah kristal polikristal, dengan kristal tunggal terbesar yang pernah toto hk dijelaskan berukuran 4,4 × 3,2 × 3,2 cm.

Keberadaan beragam mineral tembaga tersebut menunjukkan bahwa tembaga terjadi dalam berbagai bentuk, tetapi keadaan yang mengontrol bagaimana, kapan, dan di mana itu disimpan sangat bervariasi. Akibatnya, tembaga muncul di banyak mineral berbeda. Kalkopirit adalah mineral tembaga yang paling melimpah dan secara ekonomi signifikan.

Penelitian yang dirancang untuk lebih memahami proses geologi yang menghasilkan endapan mineral, termasuk endapan tembaga, merupakan komponen penting dari Program Sumber Daya Mineral USGS. Endapan tembaga secara luas diklasifikasikan atas dasar bagaimana endapan tersebut terbentuk.

Cadangan tembaga porfiri, yang terkait dengan intrusi batuan beku, menghasilkan sekitar dua pertiga dari tembaga dunia dan karenanya merupakan jenis endapan tembaga terpenting di dunia. Endapan tembaga besar jenis ini ditemukan di daerah pegunungan di Amerika Utara bagian barat dan di Pegunungan Andes Amerika Selatan.

Proses Pembentukan dan Manfaat Tembaga

Manfaat Tembaga

Tembaga adalah sejenis logam non-besi yang telah lama berhubungan erat dengan manusia. Tidak hanya sumber daya yang melimpah di alam, tetapi tembaga juga memiliki khasiat yang sangat baik.Oleh karena itu, banyak digunakan dalam tenaga listrik, elektronik, energi, petrokimia, transportasi, mesin, metalurgi, cahaya dan industri baru lainnya dan beberapa bidang teknologi tinggi.

Transportasi

Paduan tembaga digunakan dalam industri perkapalan, termasuk aluminium perunggu, perunggu mangan, aluminium, kuningan, logam gun (perunggu), timah, seng, tembaga dan paduan tembaga nikel (monel), yang semuanya merupakan bahan standar dalam pembuatan kapal.Tembaga dan paduan tembaga dalam industri otomotif terutama digunakan untuk radiator, sistem pengereman, peralatan hidrolik , roda gigi, bantalan, kampas rem, distribusi daya dan sistem tenaga, gasket dan semua jenis sambungan, alat kelengkapan dan aksesori, dan lain-lain.

Pada kereta api, motor, penyearah dan kontrol, rem, listrik dan sistem sinyal juga mengandalkan tembaga dan paduannya . Selain itu, elektrifikasi kereta api merupakan sumber permintaan besar untuk tembaga dan paduannya.Pengkabelan, pneumatik hidrolik, dan sistem pendingin pesawat semuanya perlu menggunakan tembaga. Penahan bantalan dan bantalan roda gigi menggunakan pipa perunggu aluminium, dan instrumen navigasi terbuat dari paduan tembaga diamagnetik.

Mekanisme dan Metalurgi

Semua jenis suku cadang transmisi dan suku cadang tetap, seperti liner silinder, roda gigi, alat kelengkapan, pengencang, puntir, dan lain-lain. Perlu menggunakan tembaga atau paduan tembaga untuk antifiksi dan pelumasan.Juga merupakan bagian penting dari peralatan metalurgi dalam teknologi pengecoran kontinu-kristalizer sebagian besar terbuat dari tembaga kromium dan tembaga perak atau paduan tembaga lainnya, yang memiliki kekuatan dan konduktivitas tinggi. Itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian tembaga menurut para ahli, ciri, sifat, proses pembentukan, dan manfaatnya yang ada di berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi bagi semuanya..

Tenaga listrik

Transmisi tenaga energi listrik, seperti kawat dan kabel, trafo, sakelar, komponen dan konektor steker, dan lain-lain; pabrikan motor, misalnya sebagai stator, rotor, kawat berlubang, dan lain-lain; kabel komunikasi dan sirkuit listrik perumahan juga perlu menggunakan kabel tembaga dalam jumlah besar.

Elektronik

Perangkat elektronik vakum seperti tabung frekuensi tinggi dan frekuensi ultra tinggi, magnetron, dan lain-lain. Sirkuit cetak tembaga memerlukan banyak kertas tembaga dan bahan mematri dasar tembaga. Di sirkuit terintegrasi, tembaga menggantikan arti aluminium dalam chip silikon untuk interkoneksi dan rangka timbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *